BEM FIS UM 2014

BEM FIS UM 2014

Kamis, 31 Januari 2013

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL UNTUK JURNAL VERSTEHEN



1.   Naskah belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain, diketik dengan spasi rangkap pada kertas kuarto, panjang 10-20 halaman, dan diserahkan paling lambat 3 bulan sebelum bulan penerbitan dalam bentuk ketikan di atas kertas sebanyak 2 eksemplar dan atau pada CD. Naskah pada CD diketik dengan menggunakan pengolah kata Microsoft Word.
2.    Artikel yang dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tinjauan kepustakaan, dan resensi buku baru.
3.    Semua karangan ditulis dalam bentuk esai, disertai judul subbab (heading) masing-masing bagian, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul subbab. Peringkat judul subbab dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua huruf dicetak tebal (bold) letaknya pada halaman, dan bukan dengan angka sebagai berikut:
Peringkat 1            ( huruf besar semua rata dengan tepi kiri)
Peringkat 2            ( huruf besar-kecil dengan garis bawah, rata tepi kiri)
Peringkat 3            ( huruf besar-kecil rata tepi kiri )
Peringkat 4            ( huruf besar kecil dengan garis bawah, masuk ketuk lima)
4.    Setiap karangan harus disertai (a) abstrak (50-75 kata), (b) kata-kata kunci, (c) identitas pengarang (tanpa gelar akademik), (d) pendahuluan (tanpa judul subbab) yang berisi latar belakang dan tujuan atau lingkup tulisan, dan (e) daftar pustaka/daftar rujukan. Hasil penelitian disajikan dengan sistematika sebgai berikut: (a) judul, (b) nama pengarang, (c) abstrak, (d) kata-kata kunci, (e) pendahuluan (tanpa judul subbab) berisi pembahasan kepustakaan dan tujuan penelitian, (f) metode penelitian, (g) hasil, (h) pembahasan, (i) kesimpulan dan saran, dan (j) daftar pustaka/daftar rujukan.
5.    Daftar pustaka/daftar rujukan disajikan mengikuti tatacara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
Tosh, j. 1993. The Pursuit of History: Aims methods and new directions in the study of moder history. London: Longman Inc.
Kartodirjo, S. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.
6.  Tata cara penyajian kutipan, rujukan, table, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Artikel, dan Makalah (IKIP Mlang, 2000). Naskah diketik dengan memperhatikan aturan tentang penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (Depdikbud, 1987)
7.      Tanggal:
·         Tenggang Waktu Full Paper                                  : 31 Maret 2013
·         Batas Akhir Penyuntingan Artikel                        : 9 April 2013
·         Tanggapan Balik kepada Penulis                          : 1 Mei 2013
·         Tenggang Waktu Revisi dari Penulis                    : 9 Mei 2013
·         Siap Dipublikasikan                                              : 1 Agustus 2013
8.      Karya dapat dikirim di email penerbitan BEM FIS UM  : penerbitanbemfis@yahoo.com
9.      Kontak panitia Jurnal VERSTEHEN edisi IV 2013 :
a.       Heni          : +6285790838900
b.      Sinda         : +6285791330928

 Redaksi,
31 januari 2013


Ketua Penerbitan BEM FIS UM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar